Selasa, 17 Juli 2012

CARA KITA MEMBUAT EBOOK

Cara membuat ebook gratis
Membuat ebook tidak selalu memerlukan biaya besar untuk membeli software, bahkan bisa dilakukan dengan gratis memanfaatkan aplikasi yang sudah terinstall di Komputer atau laptop kita seperti Microsoft Word 2007 untuk membuat ebook pdf atau dengan menggunakan software ebook compiler gratisan di internet untuk membuat ebook dalam format exe.
Membuat ebook PDF dengan MS. Word
Seperti yang telah disebutkan diatas, untuk membuat ebook dalam format pdf, kita bisa memanfaatkan fasilitas save as PDF dari Microsoft Word 2007. Namun jika di Ms. Word anda belum terinstall fasilitas ini, installernya bisa di download secara gratis dari situs resmi Microsoft. Silahkan cari di google dengan kata kunci “Microsoft Save As PDF” (tanpa tanda petik). Intinya , untuk membuat ebook PDF  ini Anda hanya perlu menulis sebuah buku menggunakan Ms. Word 2007 kemudian Save As PDF ketika menyimpan hasilnya. Mudah bukan? Langkah selanjutnya anda tinggal membuat Cover untuk ebook yang baru anda buat.

Persyaratan Sistem
Sistem Operasi yang Didukung: Windows Server 2003, Windows Vista, Windows XP Service Pack 2
Software ini juga kompatibel dengan:
  • Microsoft Office Access 2007
  • Microsoft Office Excel 2007
  • Microsoft Office InfoPath 2007
  • Microsoft Office OneNote 2007
  • Microsoft Office PowerPoint 2007
  • Microsoft Office Publisher 2007
  • Microsoft Office Visio 2007
  • Microsoft Office Word 2007
Setelah anda memahami cara tersebut diatas, silahkan dowdnload file tsb disini: Download SaveAsPDF.exe
Primo Pdf
 kalaupun tidak pakai ms word maka ada aplikasi gratisan untuk membuat file pdf ini yaitu :
Primo Pdf. Dengan PrimoPDF, anda dapat merubah semua dokumen dari program apapun ke PDF, hanya perlu memilih PrimoPDF saat anda melakukan print/cetak.
Penggunaan aplikasi PrimoPDF sangat mudah. Anda hanya perlu mendownload software PrimoPDF dari official website PrimoPDF kemudian menginstallnya di perangkat komputer anda. PrimoPDF akan muncul di daftar device dari printer perangkat komputer yang anda pakai.

Kesimpulannya, PrimoPDF merupakan aplikasi gratis yang dikhususkan untuk konversi file ke bentuk PDF yang akan mempermudah anda saat membuat e-book, dokumen atau untuk attachment dari sebuah email. Penggunaanya yang sangat mudah membuatnya jadi pilihan yang menarik untuk anda download.

Membuat Ebook Exe
Berbeda dengan cara membuat ebook pdf yang tidak memerlukan pengetahuan pemrograman, untuk membuat ebook exe, Anda perlu mengetahui sedikit bahasa pemrograman HTML (Hiper Text Markup Language) yaitu bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat sebuah halaman web.
Namun jangan takut dulu, karena anda tidak perlu mengetahui secara detil dan rinci, hanya diperlukan pengetahuan dasar HTML saja untuk membuat ebook exe ini.
Pada dasarnya untuk membuat sebuah ebook exe, kita harus membuat sebuah halaman web (jika hanya satu halaman/satu halaman web adalah untuk satu halaman ebook) , baru setelah itu kita compile menggunakan software ebook compiler.
Ada banyak software yang dapat digunakan untuk membuat  ebook exe ini, diantaranya adalah
natata.hn3
Software ini memberikan layanan untuk membuat ebook berformat exe. Silahkan anda download, cara penggunaan software ini bisa anda lihat di menu help
 Klik Link di bawah ini untuk download
Download Natata Software

Nah…setelah anda mempunyai software-software tersebut silahkan anda berkreasi dengan menuangkan ide ke dalam tulisan dengan format pdf dan exe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar