Selasa, 17 Juli 2012

MEMBUAT KALENDER DENGAN MS EXCEL

Membuat kalender dengan MS excel 2010  (1)

Oke sobat mari kita mulai proses cara membuat kalender di Microsoft excel langkah pertama cara membuat kalender di Microsoft excel adalah komputer kita harus terhubung ke internet walaupun Cuma beberapa menit untuk mendownload template dari Microsoft.
Langkah selanjutnya :
1.   Buka Ms Excel lalu klik new pilih calendars pada sebelah kiri layar
2.   Selanjutnya excel akan pergi ke Microsoft mengambil pesanan kita
3.   Pilih kalender tahun 2012
4.   Selanjutnya kita akan disuguhkan beberapa template kalender dengan berbagai model
5.   Pilih template yang kita sukai dan klik download, prosesnya krang lebih 10 detik.
6.   Template kalender akan langsung dipasang pada Ms Excel. Selanjutnya kita bisa mengubah font dan ukuran nya sesuai dengan keinginan kita.
7.   Kalau kolom pada kalender tidak muat, kita bisa menyesuaikan lebar kolomnya
8.   Selanjutnya kita tinggal menentukan hari libur nasional ataupun cuti bersama, untuk mengetahui hal tersebut kita bisa mengunjungi http://menkokesra.go.id/content/libur-nasional-dan-cuti-bersama-2012
9.   Beri warna berbeda pada tanggal yang ditentukan, juga kita bisa menandai hari-hari enting bagi kita missal tanggal ujian, ulang tahun pacar atau selingkuhan, dan sebagainya.
10.                Sekarang tinggal proses selanjutnya yaitu priniting untuk kalender kita.
 
Membuat kalender dengan MS Excel  (2)

Mari kta mencoba belajar membuat kalender dengan menggunakan ms. excel. selanjutnya Pada tips kali ini kita akan membuat dengan fungsi Array


1. Tulis fungsi yang ada lihat digambar dengan hati-hati. Atau anda copy list formula di atas. Berikut ini:

=IF(MONTH(DATE(YEAR(B2);MONTH(B2);1))<>MONTH(DATE(YEAR(B2);MONTH(B2);1)-(WEEKDAY(DATE(YEAR(B2);MONTH(B2);1))-1)+{0;1;2;3;4;5}*7+{1\2\3\4\5\6\7}-1);"";DATE(YEAR(B2);MONTH(B2);1)-(WEEKDAY(DATE(YEAR(B2);MONTH(B2);1))-1)+{0;1;2;3;4;5}*7+{1\2\3\4\5\6\7}-1)

2. Blok seluruh cell hasil dari B4:H9
3. Tekan F2, tekan CTRL+SHIFT+ENTER

Membuat Kalender dengan Aplikasi 
 
Masaid mencoba cuplik aplikasi yang berhubungan dengan pembuatan calender pada Microsoft Office Excel, aplikasi ini bernama XL Calender, XL Calender ini memberikan tampilan Calender yang bisa di modifikasi lagi sesuai dengan selera kita, serta pilihan tahunnya pun sampai ke tahun-tahun yang tak terbatas, pokoknya sangat  OK mengasyikan sekali (jadi nggak perlu pusing-pusing memikirkan rumus excelnya).
XL Calender ini suport pada Microsoft Office Excel 2003, Microsoft Office Excel 2007 dan Microsoft Office Excel 2010 ( Beta). bagi yang minat untuk mendownloadnya silahkan di download pada link berikut ini :
XL CALENDER (100% Free & link langsung menuju situs aslinya).
Berikut tampilan XL Calendernya :



Tahap 1
Jika ingin memodifikasinya sesuai dengan selera tinggal klik Modify


Tahap 2
Dan Tampilan Akhirnya Seperti berikut ini :

Tahap 3
Pada tahap terakhir ini tampilan calendernya juga masih bisa di edit dan masih bisa di masukan berupa catatan-catatan kegiatan sesuai dengan keperluan kita masing-masing.
Semoga postingan ini bisa bermanfaat.

1 komentar: