Selasa, 17 Juli 2012

MEMBUAT KAMUS DARI MS WORD



Pada Microsoft Word terdapat fitur Dictionary, gunanya untuk mengoreksi kesalahan ketik pada, yaitu dengan ditunjukan oleh garis merah di bawah kata. Tentu saja dalam hal ini adalah mengetik dalam bahasa  Inggris. Namun sering kali fungsi ini kurang berguna, karena sebagian dari kita lebih banyak mengetik dengan bahasa Indonesia daripada bahasa Inggris.

Bagaimana jika fungsi tersebut kita manfaatkan dengan membuat Dictionary untuk bahasa Indonesia? Berikut adalah langkah-langkahnya :
  1. Kita buat dulu file untuk Dictionary. Yaitu menggunakan program Notepad dengan extensi file .dic, kita buat saja new document Notepad pada My Documents, kita beri nama kamusindonesia.dic . Defaultnya extensi dari Notepad adalah .txt, untuk merubahnya kita rename saja.
  2. Untuk melakukan tersebut, pastikan dulu extensi file yang dikenal windows tidak disembunyikan, yaitu dengan cara klik menu [Tools] pada explorer, pilih [Folder options], pada tab [View], hilangkan tanda centang pada Hide extensions for known file types.
    dialog folder options
    2. Buka ms. word 2007 pada klik [Office Button] > klik [word options]> pilih [proofing]. Klik pada custom Dictionaries. Setelah itu akan muncul kotak dialog custom dictionaries.
    3. Pada kotak dialog custom dictionaries, pilih add pada menu di samping. Buka file kamusindonesia.dic, lalu kita rubah statusnya menjadi default dengan mengklik change default. Untuk sementara kita hilangkan centang pada CUSTOM.DIC yang ada. Setelah itu klik OK dan OK lagi untuk menutup dialog word options.
    dialog custom dictionaries
    4. Sekarang coba Anda file dokumen word yang ada. Loh kok ternyata pada kata-kata bahasa Indonesia masih ada garis merahnya. Ya jelas karena kamusindonesia.dic yang kita buat masih kosong. Untuk mengisinya kita klik pada kata yang bergaris bawah merah, kemudian pilih Add to Dictionary.
    menu popup klik kanan
    5. Lakukan seperti itu terus untuk menambah data base pada kamusindonesia.dic, coba saja anda buka kamusindonesia.dic pada Notepad pasti kata-kata yang sudah Anda add tercatat disitu.
    6. Maka dengan menggunakan kamus ini, jika ada kata-kata dalam bahasa Indonesia yang salah dalam pengetikannya, maka word akan menandakannya dengan dengan memberi garis merah.
    Sebenarnya untuk membuat kamus Indonesia ini tanpa membuat file kamusindonesia.dic terlebih dahulu juga bisa dilakukan. Anda langsung add saja kata-kata yang digarisi merah pada custom.dic yang ada. Tapi dengan membuat file kamusindonesia.dic terlebih dahulu, maka setelah data basenya di file tersebut sudah banyak, Anda bisa membaginya kepada teman-teman Anda, dengan melakukan langkah 2 dan 3.
     sumber :netsains.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar